PRAJURIT OPSTER TNI DATANG, RUMAH WARGA BERATAPKAN RUMBIA AKAN DIREHAB.

By , Comment
Share on Facebook Tweet on Twitter




Satgas Opster TNI Sintuwu Maroso 2017 telah dimulai, sejumlah program kerja diseluruh sub-sub sektor Satgas  diwilayah Kab. Poso telah dimulai termasuk dengan pengerjaan sasaran fisik berupa renovasi Rumah Masyarakat Tidak Layak Huni (RTLH).

Pada hari ini pengerjaan sasaran fisik di Sub Sektor 1 di Ds. Kayamanya Kec. Poso Kota telah memasuki tahapan penginventarisiran kondisi awal rumah-rumah warga yang telah ditentukan untuk direnovasi oleh Babinsa dan Prajurit Satgas Opster TNI.
Kondisi awal rumah warga ini rata-rata sangat memprihatinkan dan tidak layak huni sehingga sangat rentan akan penyakit, hal ini dapat dilihat dari masih adanya rumah warga yang beratapkan daun rumbia dan berlantaikan tanah serta kekurangan-kekurangan lainnya. Kondisi seperti ini sudah sangat tidak pas di era globalisasi ini.

Menurut Pelda Ruslan Babinsa Ramil 01/Poso Kota Kodim 1307/PS yang sehari-hari membina warga di desa Kayamanya ini,  kondisi seperti ini sudah berlangsung lama khususnya sejak pasca kerusuhan dahulu. Walaupun sekarang boleh dibilang Kab.Poso sudah relatif aman tetapi masih banyak warga yang trauma dan takut untuk beraktivitas secara maksimal karena masih adanya gangguan-gangguan teror yang suatu waktu dapat meletuskan kembali konflik seperti dahulu. Rasa ketakutan dan trauma ini mengakibatkan masyarakat sulit untuk meningkatkan kesejahteraannya.
"Bagaimana masyarakat dapat hidup sehat dan sejahtera apabila mereka masih hidup dibawah garis kemiskinan", ungkap Pelda Ruslan.

Dengan adanya Operasi Teritorial TNI ini, diharapkan dapat membantu rasa percaya diri masyarakat agar terlepas dari belenggu traumatik masa lalu sehingga dapat bangkit kembali memperbaiki hidupnya agara dapat hidup layak sebagaimana mestinya.(PENREM_132)

About the author

author
Penrem132 TadulakoRealase at

0 comments

Comment Now